Cara Cek Apakah Perhiasan Perak 925 Asli atau Tidak

Cara Cek Apakah Perhiasan Perak 925 Asli atau Tidak

Perak adalah bahan yang sangat populer untuk digunakan dalam industri perhiasan dan tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Tapi bagaimana Anda bisa tahu apakah perhiasan Anda terbuat dari perak murni, atau hanya perhiasan kostum berlapis perak?

Karena Anda cenderung ingin menghabiskan uang Anda untuk perhiasan yang akan bertahan lama, penting untuk mengetahui perbedaan antara perhiasan perak murni dan perhiasan perak palsu.

Saat kami melakukan perbaikan perhiasan di industri perusahaan staff kami menemukan banyak barang yang ternyata tidak lebih dari perhiasan kostum dan pemiliknya tidak tahu bahwa perhiasan mereka bukanlah perak asli. Untuk mencegah hal ini terjadi pada Anda, lihat panduan singkat kami tentang cara menemukan perhiasan perak murni!

Apa itu 925 Sterling Silver?

925 Sterling silver mengandung 92,5% perak murni yang dicampur dengan beberapa jenis bahan paduan seperti tembaga.

Ini berbeda dari potongan berlapis perak di mana lapisan perak digunakan di atas logam lain. Karena perak adalah logam lunak, lapisan ini dapat tergores dan mudah ternoda, yang pada akhirnya akan mengekspos logam atau paduan di bawahnya saat pelapis dilepas.

Bagaimana Cara Mengetahui Jika Sepotong 925 Sterling Silver?

Jika Anda khawatir tentang keaslian perhiasan “perak murni” Anda, ada beberapa tanda peringatan yang harus Anda perhatikan untuk menentukan apakah itu palsu atau tidak.

Magnet

Cek Menggunakan Magnet

Cara termudah untuk menguji apakah perhiasan Anda benar-benar perak murni adalah dengan mendapatkan magnet dan meletakkannya di samping perhiasan Anda. Logam seperti emas, perak, dan platina tidak bersifat magnetis, jadi jika perhiasan Anda tertarik ke magnet, Anda dapat yakin bahwa perhiasan Anda bukan perak asli.

Tanda

Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan melihat apakah ada tanda pada perhiasan Anda yang berhubungan dengan kemurniannya. Anda harus mencari tanda yang bertuliskan “925”, “.925” dan “s925”.

Ini digunakan untuk mewakili 92,5% perak murni yang menyusun bahan pembuatan perhiasan Anda. Namun, ada beberapa barang palsu yang akan mencoba meniru prangko ini, jadi penting bagi Anda untuk melakukan tes lain untuk menentukan apakah itu perak murni atau tidak.

Uji Kain

Menyeka perhiasan Anda dengan kain putih lembut akan memberi tahu Anda betapa murninya perhiasan Anda. Jika Anda melihat noda hitam muncul di kain setelah menggosok perhiasan, Anda dapat yakin bahwa itu adalah 925 perak.

Ini karena perak 925 teroksidasi saat terkena udara dan itulah alasan mengapa perhiasan perak cenderung menodai seiring waktu dan menghasilkan semburat kehitaman gelap.

Memeriksa potongan untuk tanda-tanda ini adalah cara yang pasti untuk memastikan bahwa Anda berinvestasi dalam produk perak 925 sterling asli dan tidak membeli perhiasan “perak” palsu.

Di sini, di Martins of Glasgow, staf kami selalu siap untuk memastikan bahwa perhiasan dan jam tangan Anda selalu dalam kondisi prima. Mulai dari perbaikan jam tangan dan perhiasan hingga pengukiran dan bahkan pembuatan perhiasan, kami memiliki layanan untuk semua kebutuhan Anda.

Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Perak Sebagai Cincin Kawin